Mengambil Manfaat dari Budaya Senyum

Sumber gambar (https://firefly.adobe.com/)

Om Swastyastu

Masyarakat Indonesia memang dikenal dengan keramahtamahan yang luar biasa. Sifat ramah ini tidak hanya ditunjukkan kepada orang-orang yang kita kenal, tapi juga kepada yang belum dikenal. Sejak kecil, di keluarga, sekolah, atau masyarakat, kita diajarkan tentang pentingnya keramahan atau budi pekerti. 

Pendidikan budi pekerti mengaplikasikan prinsip 5 S, yaitu: 1. senyum, 2. salam, 3. sopan, 4. santun, 5. susila

Ini semua bertujuan agar sikap kita sesuai dengan konteks dan lingkungan di mana kita berada.

Dalam setiap interaksi sosial dan aktivitas sehari-hari, budaya 5 S menjadi bagian tak terpisahkan. Ini bukan hanya sebuah kebiasaan, tetapi sudah menjadi tradisi yang dijunjung tinggi sebagai tata krama. Senyum dan sapaan ketika bertemu orang lain bukan sekadar kebiasaan, melainkan identitas yang melekat dalam diri kita.

Namun, seiring berjalannya waktu, budaya baik ini sayangnya semakin pudar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh dampak negatif dari perkembangan zaman dan pengaruh lingkungan. Di sini, harapannya budaya senyum bukanlah hilang atau terlupakan, melainkan tetap menjadi bagian dari budaya yang patut dibanggakan dan dilestarikan.

Lebih jauh lagi, dalam ajaran agama Hindu, senyum memiliki makna mendalam:

Yadnya: kerelaan untuk berkorban

Bhakti: pelayanan dan penghormatan

Upiksa: ketentraman hati

Karma: perbuatan baik

Mudita: selalu membuat orang lain bahagia

Slokantara 35 (81) menjelaskan bahwa perilaku seseorang mencerminkan tingkat budi pekerti, tata cara upacaranya mencerminkan daerah asalnya, ucapannya, dan senyumannya mencerminkan hatinya. Bahkan bentuk badannya mencerminkan jenis makanannya (Sudharta, 2003).

Selain memiliki nilai-nilai spiritual, senyum yang tulus juga memiliki dampak positif dalam relasi sosial. Senyum membuat seseorang lebih disukai, lebih menarik di mata orang lain, dan dianggap sebagai individu yang ramah serta baik. Tidak hanya sampai di situ, ternyata masih banyak manfaat lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat senyum yang bisa kita dapatkan:

1. Meningkatkan Suasana Hati/Mood:

Senyum secara tidak langsung dapat merubah mood diri sendiri maupun orang lain. Dalam menghadapi situasi, senyuman bisa memberikan dampak positif dan mengubah persepsi.

2. Pereda Sakit Alami:

Endorfin, zat kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh, berperan sebagai penghilang rasa sakit alami. Senyum dianggap dapat merangsang pelepasan endorfin, mengurangi rasa nyeri, dan memberikan energi positif.

3. Menguatkan Daya Tahan Tubuh:

Senyum yang tulus dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh, meningkatkan ketenangan, dan merelaksasi fisik. Hal ini dapat membantu peningkatan sistem imun dan resistensi terhadap penyakit.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Hipertensi:

Penelitian menunjukkan bahwa senyum dapat membuat otot rileks, menurunkan denyut jantung, dan tekanan darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit kronis lainnya.

5. Mengurangi Stres:

Senyum dan tawa dapat melawan rasa cemas, depresi, dan stres karena merangsang pelepasan hormon endorfin.

6. Membuat Terlihat Awet Muda:

Senyum tidak hanya membuat terlihat lebih manis dan disukai, tetapi juga dapat mengurangi bekas keriput akibat cemberut. Senyum juga melibatkan lebih sedikit otot wajah daripada cemberut.

7. Menguatkan Tubuh:

Senyum membantu mengurangi kekesalan dan dapat melawan mutasi sel akibat stres yang dapat meningkatkan perkembangan sel kanker.

8. Meningkatkan Kreativitas dan Kesabaran:

Orang yang sering tersenyum cenderung lebih kreatif dan sabar dalam menghadapi masalah. Senyum dapat merangsang pelepasan dopamin yang mendukung fungsi otak.

9. Memelihara Kesehatan Mental:

Mereka yang mudah tersenyum dapat lebih baik mengendalikan perasaan, pikiran, dan sikap, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Senyum membantu menetralkan stres dengan lebih baik.

10. Mengeluarkan Hormon Kebahagiaan:

Senyum menciptakan berbagai hormon di otak, seperti dopamin dan endorfin, yang disebut hormon kebahagiaan. Hormon ini dapat menenangkan sistem syaraf, menurunkan denyut jantung, dan tekanan darah tinggi.

Dengan senyum, bukan hanya hubungan sosial yang meningkat, tapi juga kesehatan mental dan fisik kita. Jadi, mari tetap tersenyum dan lestarikan budaya baik ini dalam kehidupan sehari-hari! 😊

Itu beberapa manfaat dari senyum yang sayang kalau dilewatkan.

So, jangan lupa untuk selalu senyum setiap hari, ya ! Puput.😁😄😃😀

Om Santhi Santhi Santhi Om.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post